global warming




PEMANASAN GLOBAL ( GLOBAL WARMING )
Ancaman terbesar planet bumi
Oleh : dickyadiyat.bolgspot.com


Mungkin pertanyaan yang melintas pertama kali dalam pikiran anda adalah:
Bagaimana mungkin?????
Bagaimana mungkin pemanasan global bisa mengancam kehidupan di planet bumi ? simaklah fakta-fakta singkat berikut ini :

Fakta # 1 : encairnya es di kutub utara dan kutub selatan
Pemanasan global menyebabakan mencairnya es dikutub utara dan kutub selatan yang sudah mencapai 19 juta ton
Volume es di artik ( kutub utara ) pada musim panas 2007 hanya tinggal setengah dari yang pada 4 tahun sebelumnya
Pada tanggal 6 maret 2008, sebuah bongkahan es seluas 414 km² di antartika ( kutub selatan ) runtuh !!!
(sumber: nasa & NSIDC – pusat data es dan salju universitas Colorado).
Fakta # 2 : Meningkatnya level permukaan laut
Di perkirakan apabila di seluruh Greenland* mencair maka level permukaan laut naik sampai dengan 7 meter !! Cukup untuk menenggelamkan seluruh pantai, pelabuhan, dan dataran rendah di seluruh dunia.
*Grenland : pulau terbesar di samudra atlantik dengan 80% dari seluruh wilayah tertutup es yang di beberapa tempat katebalannya mencapai 3 km.
(sumber : pengukuran oleh satelit TOPEX/ Poseidon dan Jason-1 nasa).
Fakta # 3 : Perubahan iklim atau cuaca yang semakin ekstrim
Saat ini musim tidak dapat di prediksikan kedatangannya, mengakibatkan kerugian khusus pada petani karena musim tanam yang harus dilakukan pada musim kemarau, kenyataannya yang terjadi musim hujan, demikian juga sebaliknya.
Tahun-tahun belakangan ini kita sering dilanda badai-badai yang menggangu jalannya pelayaran maupun pengangkutan melalui laut maupun udara, dan tidak ada satu negarapun yang luput dari perubahan iklim yang ekstrim ini !!!
Fakta # 4 : Gelombang panas semakin menjadi ganas
Status siaga 1 telah dideklarasikan oleh beberapa Negara akibat gelombang panas yang mampu menewaskan tidak kurang dari 35.000 orang di eropa pada tahun 2003 lalu, gelombang panas juga berkibat pada kekeringan parah dan juga kegagalan panen merata.
Tahun 2007 daerah st.george, amerika serikat, memegang rekor tinggi dengan suhu yang mencapai 48º celcius !!! ( sebagai perbandingan, anda dapat membayangkan suhu kota Surabaya yang terkenal panas berkisar antara 30º - 37º celcius).
Cobalah perhatikan seberapa sering anda mendengar atau mungkin mengucapkan sendiri perkataan "panas banget ya hari ini!”
Fakta # 5 : habisnya glester – sumber air bersih dunia
NASA mencatat bahwa hingga tahun 2005 jumblah glester di berbagai belahan dunia yang hilang tidak kurang dari 8.000 M³ !!
Mencairnya glester dunia mengancam ketersediaan air bersih dan peningkatan level air laut dunia
Setelah rentetan fakta-fakta menyeramkan yang telah di bahas sebelumnya, kini sampai pada pertanyaan terpenting : adakah solusi dari semua permasalahan ini ???
Solusi # 1 : kurangi emisi CO² !
Bila memungkinkan carilah sumber energi alternatife yang CO² dan seperti tenaga matahari, air, dan angin. Bila terpaksa harus mengunakan bahan bakar fosil (minyak, batu bara) yang menghasilkan CO², gunakanlah dengan bijak dan efisien. Caranya dengan mematikan peralatan listrik ketika tidak digunakan serta menggunakan lampu hemat energi.
Solusi # 2 : tanamlah lebih banyak pohon !
Tanaman hijau menyerap CO² dari atmosfer dan menyimpannya dalam jaringannya. Tetapi setelah mati mereka akan melepaskannya kembali CO² ke udara. Sehingga, tanaman hijau harus dipertahankan untuk generasi mendatang, karena jika tidak, maka karbon yang sudah tersimpan akan kembali terlepas sebagai CO².
Solusi # 3 : daur ulang (Recyle) dan gunakan ulang (Reuse)
Energi yang dapat dihemat dengan penggunaan barang-barang daur ulang dan menggunakan ulang ke tingkat kehidupan sehari-hari mampu memberikan tambahan energi bagi 1.4juta rumah, mengurangi 27.047 ton polusi air, menyelamatkan 14 juta pohon, dan mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga setara dengan 3.8 juta mobil! (sumber: PBB – livestock’s long shadow, environmental issues & options).
Solusi # 4 : Gunakan alat tranportasi alternative !
Gunakan sepeda sebanyak yang anda bisa sebagai metode transportasi. Selain menghemat banyak energi, bersepeda juga merupakan olah raga yang menyehatkan
Solusi # 5 : Berhenti atau kurangilah makan daging!
PBB mencatat mengganti pola makan daging dengan pola makan vegetarian 50% lebih evektif mencegah pemanasan global dari pada mengganti sebuah mobil MPV dengan mobil hybrida! Hal ini disebabkan karena jumbalah energi yang dibutuhkan untuk memeproduksi daging yang siap olah di rumah kita, menyumbangkan emisi CO² sebesar 18% dari total emisi di dunia. Penelitian menunjukan untuk menghasilkan 1 kg daging akan menghasilakan 36,4 kg CO² (setara dengan energi 5300 lampu bohlam rumah @ 18 watt) !! selain itu, memproduksi daging membutuhkan energi 16 kali lipat lebih besar di bandingkan dengan memproduksi bahan makan lain.
(sumber: PBB & publikasi “the new york times tanggal 27 januari 2008)
Oldest

1 comments:

Click here for comments
Anonymous
admin
October 27, 2008 at 10:09 PM ×

makasih ya artikelnya

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

komentar anda pasti menjadi pondasi buat blog ini
terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon

karunia tour & travel