FILE YANG TIDAK BISA DI AKSES PADA VISTA DAN SEVEN

         Meskipun windows XP masih menjadi primadona namun kedatangan vista & seven membuat orang-orang mulai berpaling ke vista maupun ke seven, namun banyak keluhan yang timbul dari para pengguna imigran XP yang menggunakan vista maupun seven
salah satunya adalah ketika kita mendapatkan file dari komputer lain atau dari internet kadang file ini tidak bisa kita buka, copy, hapus dan akses lainnya (Access denied),
nah loh gimana ini, meskipun kita sudah login dengan hak akses administrator tetep saja file maupun folder tidak bisa kita akses
Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya ?
gak tau juga deh mungkin harus cinta lama bersemi kembali ke XP
hahaha...bercanda gan
yuk kita cari solusi dan pemecahan masalahnya
cekidooootttt....
        Windows Vista dan Windows 7 menerapkan keamanan (security) yang lebih dibanding windows sebelumnya, salah satunya adanya Access control terhadap file atau object di komputer. Hanya pengguna, group atau komputer yang sudah di berikan ijin ke file tersebut yang bisa mengaksesnya. Tujuannya untuk lebih mengamankan komputer dari pengguna yang tidak berhak mengakses file/objek tertentu, meski terkadang ini merepotkan ( karena meskipun kita login dan mempunyai hak akses administrator, kita tetap tidak bisa mengaksesnya)


        Ketika kita mendapatkan file dari luar komputer kita kemudian kita tidak bisa membukanya, menghapus atau bahkan meng-copynya, kemungkinan besar, file ini tidak mempunyai user atau group yang mengijinkan mengaksesnya. Untuk memeriksanya bisa kita klik kanan file ini dan pilih Properties, kemudian lihat tab Security.



      Dari tampilan diatas terlihat bahwa file ini tidak ada pengguna atau group yang diijinkan untuk mengaksesnya. Sehingga membuka file, menghapus ataupun copy file tidak akan berhasil.

sekarang kita membuat HAK AKSES FILE

      Untuk mengatasi permasalahan di atas, kita harus menambahkan pengguna atau group yang mempunyai akses terhadap file tersebut. Caranya sebagai berikut :

  1. Klik kanan file dan pilih properties (kita harus mempunyai hak akses admnistrator), selanjutnya buka tab Security
  2. Klik tombol Edit, selanjutnya akan tampil pengaturan Security
  3. Klik tombol Add untuk menambahkan pengguna (user/group)
  4. Jika kita ingin semua orang bisa mengakses, bisa kita tambahkan pengguna everyone, atau kita tambahkan untuk kita saja, sesuai dengan user yang sedang login. Klik Check Names untuk mengecek yang kita masukkan terdaftar atau tidak
  5. Setelah ditambahkan pengguna, maka kita bisa mengatur hak akses yang akan diberikan, seperti : Modify, Read & Execute, Read, Write juga Special Permission.
  6. Setelah itu klik OK, dan seharusnya file ini sudah bisa kita akses sesuai dengan hak akses yang kita berikan

     Jika kita tidak mempunyai hak akses administrator atau hak akses file, maka kita tidak akan diijinkan mengubah hak akses file ini.

semoga bermanfaat
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
March 22, 2013 at 8:53 PM ×

makasih infonya gan.follow balik blog ku ya di www.wongcungkup.blogspot.com

Congrats bro curvasud sansiro you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

komentar anda pasti menjadi pondasi buat blog ini
terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon

karunia tour & travel